3 Cara Mudah Kompres Gambar

Spread the love

Ketika seseorang melakukan suatu hal yang berkaitan dengan upload gambar, biasanya ada ketentuan terkait dengan ukuran maksimal dari file gambar yang akan diunggah. Salah satunya adalah dalam sebuah website berita yang mengharuskan ukuran gambar di bawah ambang yang ditentukan. Untuk itu maka perlu melakukan kompres gambar sehingga file yang akan diunggah bisa berhasil. Bagi yang memiliki foto dengan ukuran yang masih besar baik resolusinya maupun besaran filenya maka perlu untuk mencari cara sehingga bisa berisi es atau mengompres gambar sehingga bisa memenuhi ketentuan.

Bagaimana Memperkecil Ukuran Foto

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk kompres gambar. Dari berbagai cara yang ada, sebenarnya bisa memilih mana pun sesuai dengan keinginan. Pada dasarnya kompres gambar bisa dilakukan secara online maupun offline. Jika kompres gambar secara online maka harus masuk pada website terlebih dahulu. Sementara jika ingin secara offline maka hanya perlu aplikasi.

Inilah Cara Mudah Kompres Gambar Offline!

Berikut ini merupakan cara mudah yang bisa dilakukan untuk memperkecil ukuran foto dengan offline.

  1. Menggunakan paint

Paint merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk edit foto yang cukup berat dan ribet. Namun perlu diketahui bahwa aplikasi ini bisa digunakan untuk kompres gambar sehingga bisa memiliki ukuran yang lebih kecil. Caranya sangat mudah yaitu dengan membuka aplikasi seperti biasanya dan Pilihlah foto yang akan dikerjakan ukurannya. Kemudian bisa pilih menu toolbar free size. Langkah selanjutnya yaitu dengan mengubah ukuran foto pada aplikasi paint sesuai keinginan. Hal ini bisa diatur dari ukuran pixel maupun lebar dan tingginya.

Kode aplikasi ini juga bisa menyesuaikan dengan ukuran foto yang diinginkan yaitu dengan mengatur sedemikian rupa untuk bisa mendapatkan ukuran yang tepat. Jika tidak mencetak uang pada maintain aspect ratio, maka foto tersebut tidak bisa diatur sesuai keinginan Karena dengan demikian aplikasi ini secara otomatis akan mengatur ukuran foto yang pas. Dengan demikian maka bisa hilangkan centang terlebih dahulu. Terakhir klik ok dan foto sudah bisa dikompres.

  1. Menggunakan Photoshop

Untuk mengatur ukuran foto melalui aplikasi Photoshop sebenarnya bisa melakukan langkah yang cukup mudah. Bukalah aplikasi Photoshop dan Pilihlah file foto yang akan dikompres atau dikecilkan ukurannya. Setelah itu pilih menu image, kemudian image size. Pada bagian ini maka hanya tinggal mengatur foto sesuai dengan keinginan, akan dikompres seperti apa. Untuk aplikasi Photoshop biasanya akan mengatur secara otomatis untuk panjang dan lebar dari foto sehingga akan terlihat lebih proporsional.

Perlu diketahui jika centang di menu constraint proportions dihapus maka k panjang dan lebar foto akan bisa diatur lebih bebas. Jika sudah selesai memperkecil atau mengompres foto maka selanjutnya yaitu menyesuaikan ukuran foto yang diinginkan. Dalam hal ini kualitas foto serta ukuran file akan terlihat. Kompres foto pun sudah selesai dan hanya tinggal simpan di laptop atau komputer dengan menggunakan icon save.

  1. Menggunakan Smartphone Android

Banyak orang yang ingin lebih praktis melakukan kompres foto atau gambar. Jika menggunakan personal komputer maka akan lebih ribet karena harus Stay di satu tempat. Dan nyatanya Tidak Semua orang punya laptop atau komputer untuk kompres foto. Karena kini merupakan era digital gimana smartphone semakin berkembang pesat, ternyata Android bisa digunakan untuk kompres gambar. Aplikasi yang digunakan untuk kompres foto pada android yaitu Photo Compress 2.0. Hanya memilih foto-foto yang diinginkan maka akan bisa terkompres dengan baik dengan mengaturnya.

Itulah 3 cara mudah yang bisa dilakukan untuk kompres gambar melalui PC maupun smartphone. Hal ini sangat penting untuk diketahui karena kini ketentuan terkait ukuran file gambar banyak yang ditentukan. Jika file gambar tidak sesuai dengan ketentuan maka tidak bisa diunggah.

You may also like